-->

Cara Mudah Bermain Piano Dengan Akord Pokok

Advertisement
Cara Mudah Bermain Piano Dengan Akord Pokok - Akord juga disebut Chord adalah tiga nada atau lebih yang dibunyikan secara bersamaan dan terdengar harmonis. Fungsi Akord ini digunakan untuk mengiringi lagu. 

Pada umumnya alat musik yang memiliki akord piano, organ, keyboard dan gitar. Selain untuk mengiringi lagu alat - alat musik tersebut dalam permainan musik juga digunakan untuk membawakan melodi. 

Untuk menghasilkan iringan lagu sesuai harapan dibutuhkan pengetahuan secara teori untuk bisa praktik secara benar. Apabila tadi sudah dijelaskan akord, sekarang perlu diketahui apa itu not? Not adalah lambang nada. 

Jadi, nada - nada di dalam musik modern ditulis menggunakan not. Pada alat musik modern seperti piano ditulis dengan menggunakan sistem tangga nada Diatonis. Contoh urutan Penulisan not diatonis seperti berikut ini.   

1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, i = di baca = do, re, mi, fa, sol, la, si, do 

C, D, E, F, G, A, B, C'


Pada nada standar yaitu Do = C, jadi urutan nadanya :


Not             Chord

Do        =       C
Re        =       D
Mi        =       E
Fa        =       F
Sol       =       G
La        =       A
Si        =       B
Do'       =       C'

Sistem Urutan Nada seperti yang tampak pada gambar, misalnya pada alat musik piano:

Cara Mudah Bermain Piano Dengan Akord Pokok

Do = C disebut juga sebagai nada dasar, bisa juga Do = D, Do = E dan seterunsya. Jadi, semua chord dapat dijadikan nada dasar. 


Kalau sudah memahami urutan nada standar selanjutnya memainkan akor pokok (akord yang paling sering digunakan). Akord Pokok terdiri dari 3 tingkatan, yaitu:

Akord Tonika cara memainkan dengan menekan tuts C - F - G secara bersamaan.

Akord Subdominan Cara memainkan Menekan tuts F - A - C secara bersamaan.

Akord Dominan cara memainkan dengan menekan tuts G - B - D secara bersamaan.

Cara bermain akord pokok tersebut dengan berurutan, misalnya: dengan urutan, tonika 4 ketuk, subdominan 4 ketuk, dominan 4 ketuk dan ending tekan tuts tonika. Ulangi bermain akord pokok hingga anda mahir. 

Semoga bermanfaat. 

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright Chordesian - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger